Resmikan Gedung MPP, Walikota Sebut Semua Pelayanan Kini Terintegrasi Dalam Satu Tempat

Jumat 20-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Melida/MG-08-Jusi Dalefa
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTVNEWS.COM - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana meresmikan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkot setempat, Jumat, 20 September 2024.

Ya, gedung sepuluh lantai tersebut kini mulai dioperasikan untuk melakukan Pelayanan Publik semua OPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Mall pelayanan publik ini sudah diresmikan, sudah bisa melakukan pelayanan untuk masyarakat kota bandar Lampung. Memang pengoperasiannya baru empat lantai," kata Eva Dwiana dalam soft Opening Gedung MPP tersebut.

Kata, dia gedung tersebut juga meliputi berbagai pelayanan lainnya termasuk ruang seribu wajah ýang bakal di letakkan di lokasi ýang sama dan terintegrasi dengan banyak instansi.

"Ini semua ada semuanya, kecuali Polresta. semua orang yang membutuhkan pelayanan tinggal datang kesini jadi ga perlu lagi jauh-jauh ngurus pajak, perizinan,  dan juga ruang cctv publik juga ada disini semua RT nanti ada disini tidak perlu jauh-jauh," ungkapnya.

Dengan dibangunnya mall pelayanan publik 10 lantai ini kiranya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga mampu memberikan kontribusi serta manfaat yang nyata bagi kota bandar lampung yang kita cintai.

Ditambahkan Kepala DPMPTSP Muhtadi A Temenggung ýang menyebut gedung tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga pelayanan publik menjadi semakin cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman yang diselenggarakan dalam bentuk pelayanan terpadu satu atap.

"meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelayanan yang lebih cepat, mudah, terjangkau, transparan dan akuntabel serta bebas dari pungutan liar," ujarnya.

Adapun lanjutnya, jumlah penyelenggara layanan publik pada mal pelayanan publik sebanyak 26 (dua puluh enam) penyelenggara layanan, antara lain, pada lantai satu gedung mpp terdapat tujuh tenan layanan publik yang diselenggarakan oleh perangkat daerah (opd) di lingkungan pemerintah kota bandar lampung, antara lain tenan dpmptsp, bapenda, dinas perumahan dan permukiman, dinas tenaga kerja, dinas pendidikan dan kebudayaan, dan tenan dinas perindustrian. 

"pada lantai 2 (dua) gedung MPP terdapat 9 (sembilan) tenan layanan publik, antara lain tenan kanwil kemenkumham,  polresta, kejaksaan negeri, pengadilan negeri, kantor atr/bpn, samsat, bank lampung, bank waway, dan tenan bank syariah.

Dan pada lantai 3 (tiga) gedung mpp terdapat 10 (sepuluh) tenan layanan publik, antara lain tenan dirjen pajak, bnn provinsi, kantor kementerian agama,  pt.taspen, pdam way rilau, pd kebersihan, pd pasar, bpjs kesehatan, bpjs ketenagakerjaan dan balai nikah yang dikelola oleh kantor kementerian agama/KUA," paparnya.

Disamping itu, kata Muhtadi gedung tersebut memiliki Fasilitas Pendukung Yang Tersedia Pada Mal Pelayanan Publik Antara Lain Area Parkir Pada Lantai Basment.

" Ruang Informasi (Resepsionis), Ruang Bermain Anak, Ruang Klinik Kesehatan, Ruang Menyusui, Ruang Pengaduan, Ruang Rapat, Ruang Konsultasi, Ruang Pantry Dan Toilet," imbuhnya.

Untuk diketahui, gedung MPP tersebut dibangun oleh PT.Asmi Hidayat Membangun sejak tahun 2022 dengan menggunakan dana APBD Kota Bandar Lampung sebesar Rp64 miliar dan dikerjakan dalam tiga tahapan.*

Kategori :