Ingin Pernikahan Berjalan Sesuai Impian, Beberapa Hal ini Perlu Disiapkan Menjelang Berumah Tangga

Rabu 29-05-2024,16:30 WIB
Reporter : MG03GLH
Editor : Admin

RADAR TV - Pernikahan merupakan sebuah acara mengikat janji oleh pasangan untuk meresmikan hubungannya dalam ikatan yang sah baik menurut agama maupun negara. Dalam pelaksanaanya, pernikahan memiliki berbagai variasi sesuai dengan tradisi suku, agama, budaya, bahkan kelas sosial pasangan. 

Momen Pernikahan merupakan momen spesial yang sakral sehingga harus dipersiapkan secara matang agar acara yang digelar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan impian yang diharapkan.  Menjelang Pernikahan tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan dan perlu mendapatkan perhatian secara mendetail. 

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang acara pernikahan agar berjalan sesuai impian: 

1. Mempersiapkan Mental & Finansial

Dalam pernikahan yang paling utama tentunya persiapan mental. Baik calon pengantin pria maupun wanita harus memiliki kesiapan mental untuk melangsungkan sebuah pernikahan dan membina rumah tangga.

Persiapan mental yang kuat dan keyakinan untuk membina rumah tangga, maka akan memberikan fondasi yang kuat untuk menghadapi kehidupan serta perjalanan hidup bersama dalam ikatan pernikahan

2. Persiapan Finansial 

Selain menyiapkan mental, tentunya pasangan yang ingin menikah harus mempersiapkan diri secara finansial. Kehidupan setelah pernikahan tentunya tidak akan sama seperti saat masih single, sehingga perlunya persiapan finansial yang matang serta stabil untuk bisa menghidupi keluarga. 

Dengan melakukan persiapan finansial yang matang, maka pasangan dapat memasuki kehidupan rumah tangga yang penuh dengan keyakinan dan kesiapan untuk mengelola keuangan rumah tangga secara efektif. 

3. Meminta Restu Keluarga 

Meminta restu keluarga sebelum pernikahan merupakan langkah yang penting dalam banyak budaya yang ada. Restu dari keluarga sebelum melangsungkan acara pernikahan dapat memberikan dukungan secara emosional maupun moral kuat bagi pasangan. 

Selain itu, meminta restu keluarga adalah tanda penghormatan dan kasih sayang. Meminta restu adalah langkah yang penting untuk membangun fondasi kuat pernikahan yang akan dijalani kedepannya. 

4. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Persiapan lainnya dalam melangsungkan acara pernikahan adalah dengan mengikuti bimbingan pranikah. Bimbingan ini sangat berguna bagi calon pengantin untuk memahami tentang pernikahan dengan lebih baik lagi. 

Bimbingan pranikah biasanya berlangsung selama dua hari dengan waktu yang ditentukan pihak KUA setelah pasangan melakukan pendaftaran untuk bimbingan tersebut. Hal ini sangat penting untuk persiapan dalam menghadapi pernikahan dan membina rumah tangga bersama pasangan. 

Kategori :