Prakiraan Cuaca Malam Tahun Baru 2024 : 14 Kabupaten / Kota Berpeluang Hujan Lebat Disertai Petir

Minggu 31-12-2023,11:59 WIB
Reporter : coy h siregar
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Merayakan datangnya tahun baru. Selain dilarang dalam ajaran agama Islam. Bagi kamu yang berencana merayakan pergantian tahun 2023 menuju tahun 2024, sebaiknya urungkan niat saja.

Bisa jadi kepergianmu ke luar rumah menuju lokasi perayaan tahun baru dengan cara count down berbuah menjadi petaka dan menemui bencana. 

Menyusul peringatan dini dari Badan, Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam prakiraan cuaca Ahad 31 Desember 2023. 

Di laman resmi bmkg.go.id disebutkan dalam kolom paling atas tertulis Peringatan Dini! Isinya : Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang di wilayah Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Peesawaran, Pringsewu, dan Lampung Timur.

Kemudian potensi serupa akan terjadi di Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Way Kanan, Lampung Utara, Mesuji, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat pada siang, sore dan malam hari.

Di kolom infografis, potensi hujan lebat disertai petir / kilat akan terjadi siang hari di Kotabumi, Krui, Blambangan Umpu dan Metro. Malam harinya berpeluang terjadi di Menggala. Semua kota/ kabupaten di malam hari akan mengalami hujan ringan, juga terjadi di dini hari.

 Larangan Umat Muslim Rayakan Tahun Baru 

Sebagai kaum muslimin tentu dilarang untuk ikut-ikutan merayakan hari raya mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka”

Kita juga diperintahkan agar tidak tasyabbuh dengan orang Romawi dan Persia.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Kiamat tidak akan terjadi hingga umatku mengikuti jalan generasi sebelumnya sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta.” 

Lalu ada yang menanyakan pada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Apakah mereka itu mengikuti seperti Persia dan Romawi?” Beliau menjawab, “Selain mereka, lantas siapa lagi?“

Allah melarang kita menghadiri dan ikut-ikutan perayaan hari raya orang musyrik.

Allah berfirman : ”Dan orang-orang yang tidak menyaksikan kepalsuan, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.” (QS Al - Furqan : 72)

Maksud Az-Zuur dalam ayat ini adalah perayaan kaum musyrikin. 

Kategori :

Terpopuler