Rektor IIB Darmajaya Segera Berganti, Ini Tiga Kandidat Calon Kuat Pengganti Rektor

Sabtu 16-12-2023,16:29 WIB
Reporter : Ardi Joe
Editor : Jefri Ardi

RADAR TV – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya segera melakukan pergantian Rektor Periode 2024-2028.

Kepastian pergantian Rektor IIB Darmajaya disampaikan langsung Rektor IIB Darmajaya Dr.Ir.H.Firmansyah Y Alfian., MBA.,MSc dalam kegiatan media gathering bersama IIB Darmaya, Sabtu Siang, (16/12/2023)

Dalam sambutannya Rektor IIB Darmajaya Dr.Ir.H. Firmansyah Y Alfian., MBA.,MSc menyampaikan permohonan maaf sekaligus ijin pamit karena akan segera melepas jabatannya sebagai Rektor IIB Darmajaya dan akan segera digantikan dengan rector yang baru.

“Saya atas nama pribadi dan kampus IIB Darmajaya mohon maaf sekaligus pamit, jika selama menjabat Rektor IIB Darmajaya banyak hal yang kurang pas terhadap teman-teman media. Saya segera menyelesaikan jabatan Rektor saya yang sudah cukup lama yakni dua periode,” ungkap Haji Firman, panggilan Akrab Rektor IIB Darmajaya.

Dirinya juga menceritakan awal mula sejarah berdirinya kampus yang dikenal dengan jargon kampus the best itu.

“Alhamdulillah sampai hari ini IIB Darmajaya masih eksis berkat doa kita semua dan dukungan teman-teman media. Awal mula dibangunnya IIB Darmajaya merupakan keinginan kedua orang tua saya, H.Alfian Husin, S.H dan dr. Hj. Yoenidar Karim rembuk keluarga apakah mau membangun rumah sakit, perumahan atau Lembaga Pendidikan. Hingga akhirnya kesepakatan keluarga dibangunlah Lembaga Pendidikan yang petama dikenal dengan nama universitas tanjung karang atau saat itu Lembaga Pendidikan Tinggi Tanjung Karang di daerah koga”, tutur Firman

Lebih lanjut Rektor yang dikenal dengan ketawadu’annya ini mengaku alasan dipilihnya Pendidikan karena kedua orang tuanya menginginkan dunia Pendidikan di provinsi Lampung lebih maju sehingga anak-anak Lampung bisa kuliah di perguruan tinggi yang baik tanpa harus jauh-jauh ke luar Lampung.

“Kedua orang tua saya menginginkan ada sebuah perguruan tinggi yang baik di Lampung sehingga anak-anak Lampung tidak perlu jauh-jauh kuliah ke luar Lampung. Sehingga dibentuklah Yayasan Alfian Husin yang dengan segala upaya mulai dari saat bediri tahun pertama hanya memiliki 67 mahasiswa, kemudian karena keberkahan atas kakak saya Andi Desfiandi memberikan bantuan pembangunan Masjid dari yang tadinya mahasiswa cuma 100 orang langsung melonjak menjadi 500 orang yang masuk ke IIB Darmajaya dan terus berkembang hingga saat ini,” tambahnya

Dirinya mengaku berkat dukungan dari segenap civitas akademika banyak terobosan yang dilakukan IIB Darmajaya termasuk dibukanya program strata 2 untuk Magister Managemen dan Magister Teknik Informatika. 

“Saya juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada civitas akademika IIB Darmajaya dengan segala upaya bagi pengembangan kemajuan kampus Darmajaya, ya doakan tahun depan kita buka program Doktoral. Selain itu kampus Darmajaya terus memberikan peluang kesempatan beasiswa bagi banyak orang termasuk untuk para hafidz qur’an,” ucap Firman

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos.,M.M mengaku langkah Yayasan Alfian Husin yang memberikan kesempatan kepada professional untuk mengelola kampus dengan menunjuk calon Rektor melalui mekanisme pemilihan patut di apresiasi.

“Jarang sekali kampus swasta memberikan jabatan tertingginya kepada pihak professional, kebanyakan rektornya adalah owner dari kampus itu sendiri, “ ucap pak mup sapaan akrabnya.

Diketahui bila dari hasil seleksi calon Rektor IIB Darmajaya dari kandidat yang masuk hingga tahap akhir lima besar yakni Prof.Dr Anuar Sanusi, Dr.RZ Abdul Aziz, ST.,MT, Dr.Sri Lestari S.Kom.,M.CES,  Dr. Sutedi S.Kom.,M.Kom dan Dr. M. Said Hasibuan, S.Kom., M.Kom, dipilih tiga calon dengan rangking suara tertinggi yang nantinya akan menjalani fit and proper test pengurus yayasan Alfian Husin.

Ketiganya yakni Dr.RZ Abdul Aziz, ST.,MT yang merupakan Wakil Rektor I IIB Darmajaya, Dr.Sri Lestari S.Kom.,M.CES dari LPPM IIB Darmajaya dan Dr. Sutedi S.Kom.,M.Kom yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya. (*)

Kategori :