Epic Comeback, Prancis Ke Final Usai Libas 10 Pemain Mali

Rabu 29-11-2023,04:30 WIB
Reporter : Hendarto Setiawan
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Timnas Prancis U-17 mampu menyelesaikan episode babak semifinal dengan baik. Prancis mengalahkan Mali dengan skor 2 – 1. Hasil ini membawa Les Bleues maju ke babak final, dan ditunggu oleh Jerman yang sudah lolos lebih awal. 

Epic Comeback, dilakoni oleh Prancis dalam laga yang dihelat di Stadion Manahan, Kota Solo. Bahkan, Perancis harus tertinggal 0 – 1, dan terus mendapat tekanan sepanjang babak 1 dan awal babak 2.  

Jalannya Pertandingan 

Sejak pluit kick off, babak 1  Timnas Mali U-17 langsung tampil menekan. Dengan ciri khas pemain benua Afrika, Mali memiliki kualitas fisik prima, kecepatan sprint dan skil individu. 

Di menit 10, Ibrahim Kanate lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi sepakannya mampu dihalau bek Prancis. Rebound bola coba disambar Mahamoud Barry, namun mampu dihalangi.

Ancaman serius Mali terjadi di masa tambahan waktu babak pertama. Diarra menanduk umpan silang untuk membawa timnya unggul saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Perancis tak mampu bewrbuat banyak. Namun, keberuntungan terjadi setelah pemain Mali Souleymane Sanogo melakukan pelanggaran keras. Wasit harus memastikan telah terjadi pelanggaran melalui VAR.

Setelah itu, Sanogo diganjar kartu merah. Sejak itulah petaka dimulai karena pemain lantas tidak fokus. Melalui sebuah set piece bola mati akibat pelanggaran itu, bola dari sisi kanan pertahanan Mali.

Umpan lambung yang dikirimkan ke kotak pinalti oleh Ismail Bouneb ditanduk tajam oleh Yvann Titi yang berdiri bebas. Gol, kedudukan menjadi imbang 1 – 1.

Bermain dengan 10 orang, tentu saja menjadi tak seimbang. Sejumlah serangan dari Mali semuanya kandas. Pemain hanya mengandalkan skil pribadi dan minim kerja sama. Akibatnya serangan dengan mudah dipatahkan. 

Sebaliknya, Prancis mampu unggul di menit ke-69. Dari sebuah skema sama yakni dari bola mati. Bouneb mengambil eksekusi dari luaer kotak terlarang, bola diarahkan ke pojok kanan bawah gawang dan tak bisa dijangkau kiper Bourame Kone.

Prancis punya kans bagus untuk unggul dua gol pada menit ke-72 saat Mathis Lambourde lolos dan tinggal menghadapi kiper. Tapi sontekannya malah melebar.

Mali nyaris menyamakan skor pada menit ke-89 dari tendangan bebas. Eksekusi Hamidou Makalou meluncur deras lalu menerpa mistar gawang dan memantul ke tanah. Paul Argney melakukan sentuhan krusial dengan tangannya dalam situasi ini, sedikit membelokkan bola ke atas.

Prancis pun menang dan menantang Jerman di final Piala Dunia U-17 2023. Jerman sebelumnya lolos setelah mengalahkan Argentina lewat adu penalti. Sementara Mali dan Argentina akan melakoni laga perebutan tempat ketiga. (*)

Daftar Susunan Pemain

Kategori :