Polisi Dalami Komplotan Mahasiswi ITB Jadi Joki CPNS Kejaksaan

Jumat 17-11-2023,20:59 WIB
Reporter : Satrio Ongko Wijoyo
Editor : Septa Ardinata

RADARTV - Polda Lampung menangkap mahasiswi asal Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menjadi joki calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kejaksaan.

Dari hasil penyidikan tersangka berinisial RT (20) merupakan anak dari seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah Provinsi Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, mengatakan pelaku tidak beraksi sendiri melainkan bersama 3 rekanya yang kini dalam pengejaran petugas.

"Identitas merupakan mahasiswa ITB dan warga Bandar Lampung. Petugas masih mendalami termasuk berapa uang yang didapat setelah pelaku selesai menjoki hal ini masuk materi penyelidikan nanti akan diinfokan," jelas Kombes Pol Umi Fadillah Astutik.

Kombes Umi Fadillah menambahkan, pelaku diminta seseorang untuk menjadi joki CPNS Kejaksaan di Lampung. Pelaku memodifikasi kartu tanda peserta, namun penyamaran terbongkar saat registrasi foto pelaku di kartu peserta tidak cocok.

"Pelaku menggunakan identitas palsu milik peserta ujian yang lain," imbuhnya.

Motif pelaku menjadi joki CPNS karena masalah ekonomi. Kasus ini terus didalami didalami oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Lampung.

Diketahui sebelumnya, RT ditangkap Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung saat menjadi joki tes SKD CPNS di Gedung Graha Achava Join, Rajabasa, Kota Bandar Lampung

Ricky Ramadhan selaku Kasi Penkum Kejati Lampung, mengatakan penangkapan karena tim PAM SDO curiga terhadap pelaku.

"Joki terungkap saat Tim PAM SDO bersama panitia pengawas tes menemukan pada salah seorang peserta," kata Ricky Ramadhan (14/11/23).(*)

 

Kategori :