Masuk Tahun Ke-4, Flyover Untung Suropati – RA Basyid Mulai Amblas

Selasa 07-11-2023,08:59 WIB
Reporter : Admin
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Memasuki usia ke-4 tahun, kondisi flyover Jalan Untung Suropati – Jalan RA Basyid mulai minta perbaikan. Terjadi ”sedikit” amblasan ruas jalan dari arah Jalan Untung Suropati. Persisnya di bagian sambungan antara ruas jalan. 

Kondisi ini sudah berlangsung sejak empat bulan dan kedalaman amblas semakin terasa. Dari pantauan lapangan pada Senin, 6 November 2023. Tampak terasa anjlokan di bagian kiri. Kondisi ini tampak bahaya jika dibiarkan berlarut – larut.  

Bagi pengendara sepeda motor atau mobil ukuran kecil (seperti jenis Agya, Ayla, Brio, Karimun dan sejenisnya) jikalau tidak mengetahui adanya anjlokan itu bisa membahayakan. 

Di bagian atas, aspal amblas saat jalan menanjak di sebelah kiri dari arah Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu menuju Jalan R.A. Basyid Tanjung Seneng. 

Faisal salah satu pengemudi mobil membenarkan adanya kerusakan di badan jalan flyover Untung Suropati – RA Basyid. Seluruh pengendara kendaraan baik kendaraan besar atau kecil, lebih – lebih sepeda motor pasti sangat merasakan adanya ”jeglokan” tersebut.

”Pasti bahayalah, karena mayoritas pengendara itu dalam posisi injak gas dan sedikit ngebut karena tanjakan. Ditakutkan yang tidak tahu ada jeglokan itu bisa labas dan kaget hingga kecelakaan,” ujar Faisal.

Sebagai pemuda lokal, dirinya pernah melihat adanya perbaikan. Namun setelah diperbaiki, jalanan kembali rusak. ”Sudah pernah diperbaiki, tapi ya itu selesai diperbaiki ya rusak kembali,” tandasnya. 

Dia memastikan sejak awal pengerjaan memang terjadi kesalahan fatal. Baik oleh kontraktor dan pengawas pekerjaan. Pengerjaan diduga tidak sesuai dengan rancangan, hingga baru berusia 4 tahun, sambungan antar ruas ini bermasalah. 

Lain lagi dengan kondisi jalan bagian bawah flyover. Diduga karena proses pengerasan tanah tidak sempurna, maka bagian tengah aspal cekung dan membentuk gelombang yang berkumpul di bagian pinggir mendekat di tembok fly over.    

”Di bagian bawah, tanah badan jalan turun, membuat aspal menumpuk ke dinding flyover,” ujar Ade Gunawan. 

Warga sekitar Pasar Untung, mengatakan pihaknya sudah sejak 4 bulan yang lalu melihat jalan amblas. Sering membuat sepeda motor terjebak atau truk menyangkut, hingga patah atas di sana. 

”Sering sepeda motor terpelanting, hingga nyaris menabrak rumah di daerah sekitar,” tandasnya. 

Plt Kadiskominfo Bandarlampung Dirmansyah, mengatakan baru mengetahui Flyover baru diresmikan tiga tahun lalu itu amblas dan segera melaporkannya ke pihak terkait.

”Kita belum terima laporan resmi ke pada pemerintah. Tentunya kita akan lakukan koordinasi teknis dan pemeriksaan lapangan apakah benar penurunan jalan atau masalah teknis lainnya,” ucap Dirmansyah.(*)

 

Kategori :

Terpopuler