Kini Jarak Tempuh Palembang - Indralaya – Prabumulih Cuma 45 Menit

Kamis 26-10-2023,16:21 WIB
Reporter : Admin
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV - Kini, jarak tempuh Kota Palembang - Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir dan Prabumulih, Kota Muara Enim di Provinsi Sumatra Selatan bisa ditempuh dalam waktu cuma 45 menit saja atau bisa lebih cepat.

Menyusul diresmikannya jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Indralaya – Prabumulih, oleh Presiden Joko Widodo Kamis 26 Oktober 2023.

Presiden RI didampingi Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Walikota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Menariknya, untuk kali pertama peresmian JTTS sepanjang 64,5 kilometer garapan PT Hutama Karya (Persero) ini tidak dilakukan di Gerbang Tol melainkan di Titik Nol Tol Indralaya – Prabumulih. Tol ini terkoneksi ke Kota Palembang – Indralaya sepanjang 22 km.

Kesempatan ini, Presiden RI mengatakan tol Indralaya – Prabumulih merupakan bagian 2.800 km jalan tol di Sumatra yang sedang dibangun pemerintah. ”Jalan Tol ini mampu meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa sehingga daya saing menjadi semakin baik,” ujar Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Kunjungan Presiden Jokowi : Menginap Di Lampung dan Terima Tokoh Masyarakat Lampung

Disebutkannya PSN ini sangat penting untuk peningkatan infrastruktur yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintah agar dapat bersaing dengan negara-negara lain, dengan pembiayaan melalui APBN, BUMN, hingga swasta.

“Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5km sudah selesai. Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan tidak mudah, utamanya di Sumatra Selatan dengan biaya investasi Rp 12,5 Triliun.

Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali,” tutur Jokowi.

Pembangunan jalan tol mendapatkan dukungan Komisi V DPR RI pada Kunker Spesifik ke Provinsi Sumatera Selatan.

Diwakili Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, menyampaikan apresiasi terhadap percepatan konektivitas infrastruktur tol di Sumsel kepada Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono melalui keterangan resmi di laman web Kementerian PUPR pada (10/9) lalu.

Triono Junoasmono menyampaikan jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya ini dapat memangkas waktu tempuh masyarakat. “Jalan tol ini dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih, dari semulanya apabila melalui jalan arteri bisa mencapai 2 jam lebih,” ujarnya.

BACA JUGA:Yozi Rizal Resmi Jadi Wakil Ketua DPRD Lampung

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan jalan tol ini telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada bulan Juli lalu, dan beroperasi tanpa tarif sejak tanggal 30 Agustus 2023.

 

Kategori :

Terpopuler