Teror Corona, Stok Masker Lampung Kosong

Selasa 03-03-2020,20:33 WIB
Reporter : redaksirltv
Editor : redaksirltv

Radartvnews.com- Di Bandar Lampung kekosongan stok masker sudah terjadi sejak virus corona merebak beberapa pekan lalu. Jikapun ada harga masker di pasaran mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi.

Jika normalnya perbok masker isi 50 pieces dijual dengan harga Rp35.000 kini mencapai Rp350.000 perboknya.

Dari pantauan Radar Lampung TV sejumlah apotik sudah tidak lagi menjual masker, pasalnya selain stok sudah kosong harga satuan masker dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp7000 permaskernya.

Habisnya stok serta melambungnya harga masker di pasaran ini dipicu oleh merebaknya virus corona di Indonesia. Hal ini membuat penjualan masker terus meningkat lantaran masyarakat khawatir terjangkit virus corona.

“Dari distributor kosong jadi kita tidak jual lagi kalau sekarang dari sana harganya dua ratus ribuan, kami juga bingung mau jual harga berapa,” kata Hepi pemilik apotek di Bandar Lampung.

Menyikapi persoalan ini, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana meminta  masyarakat tidak panik karena Pemprov Lampung telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Provinsi Lampung.

“Virus corona tidak menular melalui udara tapi berkontak langsung dengan penderita,” kata Reihana.

Dinkes Lampung juga mendorong masyarakat untuk menjalankan pola hidup bersih, berolahraga, menjaga asupan gizi dan pola makan yang  higienis. Karena cara ini  akan lebih efekti dalam mencegah penularan virus corona dibandingkan hanya dengan menggunakan masker.

“Masyarakat harus menjalankan pola hidup bersih, berolahraga, menjaga asupan gizi dan pola makan yang  higienis,” imbuhnya.

Reihana menambahkan, Dinas Kesehatan Lampung saat ini masih memiliki stok masker yang cukup namun karena tidak ada instruksi dari pemerintah pusat maka masker tidak dibagikan.(krp/san)

Tags :
Kategori :

Terkait