Empat Pasangan Calon Ketum-Sekjen AJI Indonesia Ramaikan Pemilu AJI

Empat Pasangan Calon Ketum-Sekjen AJI Indonesia Ramaikan Pemilu AJI

KONGRES AJI-aji indonesia-

RADARTV - Empat pasangan calon Ketua Umum (ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) akan mengikuti Pemilihan Umum Aliansi Jurnalis Independen (Pemilu AJI).  Empat pasangan Ketum dan Sekjen AJI Indonesia periode 2024-2027 ini bersaing dalam pemilihan Ketum dan Sekjen AJI Indonesia dalam Kongres XII AJI di Palembang, Sumatra Selatan, 3 - 5 Mei 2024.

Penetapan empat pasangan calon Ketum dan Sekjen AJI Indonesia dilaksanakan secara hybrid, yakni luring di kantor AJI Indonesia, Kwitang, Jakarta, dan daring melalui aplikasi Zoom serta disiarkan di akun YouTube AJI Indonesia pada Sabtu pagi. Penetapan empat pasangan calon dilakukan bersamaan dengan penetapan nomor urut pasangan calon setelah sebelumnya dilakukan pengundian yang dipandu Sekretaris Panitia Pemilu AJI Luviana di kantor AJI Indonesia.

Empat pasangan calon Ketum dan Sekjen AJI Indonesia tersebut masing-masing:

1. Nany Afrida - Bayu Wardhana nomor urut 01

2. Aloysius Budi Kurniawan - Iman Dwianto Nugroho nomor urut 2

3. Ika Ningtyas Unggraini - Laban Abraham Laisila nomor urut 3

4. Edy Can dan Asep Saefullah nomor urut 4

“Kami, Panitia Pemilu AJI, sempat ketar-ketir karena tidak kunjung ada pendaftar sejak pembukaan pendaftaran pasangan bakal calon pada 3 Maret 2024 hingga sebulan kemudian. Tapi alhamdulillah di ujung-ujung masa pendaftaran hingga menjelang penutupan pendaftaran pada 5 April, pendaftar mengalir, bahkan sampai empat pasangan bakal calon. Ini rekor, bisa sampai ada empat pasangan dalam pemilihan Ketum dan Sekjen AJI Indonesia. Terbanyak dalam sejarah Kongres AJI,” kata Ketua Panitia Pemilu AJI Yoso Muliawan melalui Zoom saat penetapan pasangan calon.

Berikut Sekilas Profil Calon Ketum - Sekjen

- Nomor urut 1 : Nany Afrida saat ini adalah Pemimpin Redaksi independen.id, sekaligus Ketua Bidang Gender, Anak, dan Kelompok Marjinal AJI Indonesia periode 2021-2024. Sedangkan Bayu Wardhana bekerja di rri.co.id sebagai Redaktur, yang juga Ketua Bidang Data dan Informasi AJI Indonesia.

- Nomor urut 2 : Aloysius Budi Kurniawan yang karib dipanggil Wawan ABK bekerja di Harian Kompas sebagai Redaktur, sedangkan calon Sekjen Iman Dwianto Nugroho bekerja di CNN TV sebagai Editor.

- Nomor urut 3 : Ika Ningtyas Unggraini adalah Fact Checker atau Pemeriksa Fakta Tempo, dan kini masih menjabat Sekjen AJI Indonesia periode 2021-2024. Adapun calon Sekjen Laban Abraham Laisila bekerja di Narasi TV sebagai Kepala Newsroom, yang juga Pengurus Nasional AJI Indonesia sebagai Ketua Bidang Dana dan Usaha AJI Indonesia.

- Nomor urut 4 : Ketum Edy Can saat ini bekerja di CNN TV sebagai Manajer Produksi Berita, dan juga Ketua Bidang Pendidikan, Etik, dan Profesi AJI Indonesia periode 2021-2024. Adapun calon Sekjen Asep Saefullah adalah Pemimpin Redaksi ekuatorial.com.

Yoso menjelaskan, selain rekor pasangan calon terbanyak sepanjang sejarah pemilihan Ketum dan Sekjen AJI Indonesia dalam Kongres AJI, kongres kali ini juga merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya pemilihan dilakukan secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: