Film Dirty Vote Ungkap Cara Curang Menang Pilpres 2024 Terstruktur, Sistematis dan Masif

Film Dirty Vote Ungkap Cara Curang Menang Pilpres 2024 Terstruktur, Sistematis dan Masif

DIRTY VOTE-dirty vote-

Film dokumenter ini memiliki basis data dan fakta kuar karena melibatkan 20 lembaga dalam pembuatan film tersebut. Seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Greenpeace Indonesia, Indonesia Corruption Watch, LBH Pers, YLBHI dan lainnya. 

Makna Dirty Vote 

Secara harfiah, dirty vote jika diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, berarti Suara Kotor.  Namun, arti sebenarnya adalah Kampanye Kotor.

Hanya saja, dirty vote tidak dapat disentuh karena dimainkan oleh elite politik.

Film dirty vote itu mengungkap bagaimana masing-masing elite politik yang bertarung dalam Pemilu 2023 penggunaan masing-masing kekuasaannya untuk memenangkan Pemilu.

Film yang menampilkan tiga orang ahli hukum tata negara, yaitu Bvitri Susanti, Feri Amsari, dan Zainal Arifin Mochtar itu menerangkan bagaimana para elite politik di Indonesia menggunakan berbagai instrumen kekuasaan untuk tujuan memenangkan pemilu.

Sutradara film dirty vote, Dandhy Dwi Laksono mengatakan Dirty Vote menjadi tontonan di masa tenang pemilu, dan berharap dapat mengedukasi publik. WatchDoc pernah merilis film-film dalam momentum pemilu.

Pada 2014, mereka meluncurkan film Ketujuh. Lalu pada 2017, menjelang Pilkada DKI Jakarta, mereka menerbitkan Jakarta Unfair dan tahun 2019 film Sexy Killers. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: