Besok Debat Putaran Terakhir Capres, Bahas Tema Penting Persoalan Masyarakat

Besok Debat Putaran Terakhir Capres, Bahas Tema Penting Persoalan Masyarakat

Ketiga Calon Presiden saat Debat Capres Putaran Ketiga-Foto : Tangkapan Layar Youtube KPU RI-

RADAR TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melaksanakan debat tkelima ataiu debat putaran erakhir Pilpres 2024 yang akan diselenggarakan pada Minggu, (4/2/2024) pukul 19.00 WIB di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Jadual debat putaran terakhir tersebut tertulis di situs KPU RI. Dimana acara debat terakhir Pilpres 2024 diperuntukkan bagi calon presiden (capres). 

Sebelumnya, ketiga capres melakukan dua debat yang berlangsung pada 12 Desember 2023 dan 7 Januari 2024. 

Pada debat putaran terakhir ini Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan kembali beradu gagasan untuk terakhir kalinya.

Debat terakhir Pilpres 2024 tersebut digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada awal Februari. Dimana KPU RI sebelumnya sukses menyelenggarakan debat 1-4, baik debat capres maupun cawapres.

Nantinya, para capres baik nomor urut 01,02 maupun 03 akan beradu gagasan berdasarkan tema yang ditentukan KPU. Momen tersebut disaksikan masyarakat Indonesia secara langsung.

Setiap debat sendiri memiliki tema yang ditentukan KPU. Tema tersebut menjadi bahasan yang harus dipahami ketiga capres. 

Masing-masing dari capres menyiapkan materi dan strategi untuk menjawab pertanyaan debat. 

Dari jadual KPU RI, tema Debat Terakhir Pilpres 2024 akan mengangkat tentang Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan,  Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Ditunjuk sebagai Panelis Debat Terakhir Pilpres 2024 oleh KPU sejumlah Pakar dibidangnya. Setidaknya pada debat putaran terakhir, KPU RI telah menyiapkan 12 panelis sebagai penyusun pertanyaan saat adu gagasan. Ke 12 panelis yang dipilih KPU yakni Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed yang merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dan juga sebagai Ketua Umum perhimpunan sarjana dan profesional kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Periode 2022-2026.

Lalu, Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D, Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027.

Prof. PM Laksono Ph.D, Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM).  

Kemudian, Bahruddin, Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah.

Damar Juniarto, S.Sos, Akademisi di UPN Veteran Jakarta sekaligus sebagai pendiri PIKAT Demokrasi dan Penasihat Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: