JELANG PILPRES 2024 : Pemerintah Buka Penerimaan CPNS dan CASN Sebanyak 2,3 Juta Formasi

JELANG PILPRES 2024 : Pemerintah Buka Penerimaan CPNS dan CASN Sebanyak 2,3 Juta Formasi

TES CPNS -kaltim today-

RADARTV - Jelang pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024, secara mengejutkan pemerintah pusat mengumumkan penerimaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon apratur sipil negara (CASN). ASN terdiri tenaga honorer atau sejenisnya seperti pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan, rekrutmen ASN masih difokuskan untuk pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan (nakes).

Khususnya untuk prekrutan radartv.disway.id/listtag/2169/cpns">CPNS dan PPPK tahun 2024 sebanyak 2,3 juta formasi. "Kita ingin sampaikan pertama adalah fokus kepada pelayanan dasar, yaitu tenaga guru dan tenaga kesehatan," kata Anas di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Anas tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan sampai sekarang masih sangat dibutuhkan. Lantaran, tidak bisa digantikan dengan teknologi.

"Yang belum terpenuhinya kebutuhan pelayanan dasar yaitu guru tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia Termasuk di daerah 3T (terluar, terjauh dan terpencil)," kata Anas.

Sebelumnya dalam konferensi pers, Presaiden Joko Widowo menyatakan disrupsi teknologi yang sangat pesat membuat pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayan publik berbasis digital efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah.

"Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang.  Tersebar di instansi pusat, dengan rincian 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu," kata Jokowi.

Menurut Presiden, pemerintah akan menyelesaikan penataan tenaga non ASN berdasarkan database BKN. Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN di mana tahun ini dilakukan rekruitmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai PPPK.

Formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen tenaga kesehatan serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. "Sehingga tahun ini, Pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara sebanyak 2.300.000 formasi," jelasnya.

Disebutkannya," Melalui kesempatan ini saya mengundang saudara-saudara talenta-talenta muda hebat Indonesia. Untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,".  

Kabar Baik Untuk Lulusan Anyar 

Kabar baik di awal tahun dan menjelang pemilihan presiden tahun 2024. Sudah selayaknya kita berterima kasih kepada Allah Subhanawatala dan kemudian kepada Presiden Jokowi karena telah membuka kesempatan pekerjaan menjadi CPNS dan PPPK.

Kesempatan bagi para fresh graduate hingga pencari kerja di seluruh tanah air. Pemerintah mengumumkan rencana dibukanya pendaftaran penerimaan CPNS 2024 dengan total 690 ribu formasi.

Berdasarkan informasi yang dibagikan lewat laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), pembukaan CASN disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Diketahui bahwa terdapat alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: