Ini Jadwal Cuti Bersama Akhir Tahun, Catat Jangan Sampai Salah Tanggal

Ini Jadwal Cuti Bersama Akhir Tahun, Catat Jangan Sampai Salah Tanggal

LIBUR TELAH TIBA : Daftar libur dan cuti bersama akhir tahun 2023.-Hendarto Setiawan-

RADARTV – Libur panjang akhir tahun sudah di depan mata. Biasanya momen ini dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik atau melepas kepenatan dengan melakukan libur panjang. 

Berikut ini, kami akan sampaikan jadwal curi bersama yang akan terjadi di bulan Desember atau akhir tahun 2023. Ingat ya, harus dicermati dan dicatat agar jangan sampai salah tanggal mengajukan cuti panjang. 

Bagi kaum pekerja swasta dan ASN yang memiliki anak sekolah. Biasanya menjadikan waktu libur akhir tahun untuk vacation. Nah, tapi jangan sampai salah menjadwalkan perjalanan dan waktu liburan.

Kamu harus tahu kapan saja waktu libur resmi yakni cuti bersama yang sudah ditetapkan pemerintah. Sebelum merencanakan liburan. Salah satu hal yang dilakukan adalah mengecek daftar hari libur nasional dan cuti bersama di Desember 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023, dan Nomor 2 Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Disebutkan ada dua tanggal merah pada Desember 2023, yakni Hari Natal dan Cuti Bersama Natal.

Libur 4 Hari Cuti Bersama Bulan Desember 2023

SKB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023 menyebutkan, Hari Natal jatuh pada Senin, 25 Desember 2023. Sementara itu, cuti bersama jatuh pada Selasa, 26 Desember 2023.

Dengan demikian, masyarakat bisa berlibur selama empat hari, mjulai Sabtu, 23 Desember 2023 hingga Selasa, 26 Desember 2023. 

Namun, biasanya masyarakat akan melakukan perjalanan mulai Jumat 22 Desember petang. Waktu jeda libur, antara Rabu 27 Desember sampai Jumat 29 Desember atau tiga hari kedepan biasanya akan dimanfaatkan dengan mengajukan cuti tambahan. 

”Saya belum ambil cuti tahunan. Ini akan saya manfaatkan untuk ambil cuti tiga hari akhir tahun, jadi klop bisa libur selama 9 hari full sampai selesai tahun baru,” jelas Nandar.  

Sementara, libur Tahun Baru 2024 jatuh pada Senin, 1 Januari 2024. Pada Selasa 2 Januari diharapkan seluruh ASN dan pegawai kantoran bisa kembali masuk kerja.

Daftar Tanggal Merah Desember 2023

Selain libur nasional dan cuti bersama dalam rangka Hari Natal dan pergantian tahun. Bulan Desember 2023 juga terdapat pula sejumlah libur tanggal merah di akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: