Nawawi Pomolango Dilantik Presiden Sebagai Ketua Sementara KPK, Ternyata Segini Hartanya

Nawawi Pomolango Dilantik Presiden Sebagai Ketua Sementara KPK, Ternyata Segini Hartanya

Pengucapan Sumpah Jabatan Ketua Sementara KPK Disaksikan Presiden RI Joko Widodo-(Foto : Setpres-Lukas)-

RADAR TV -  Presiden RI Jokowi secara langsung melantik dan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin, (27/11/ 2023).

Pelantikan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK lantaran pendahulunya Firli Bahuri diberhentikan dari Jabatan Ketua KPK setelah ditetapkan menjadi tersangka pemerasan Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Diketahui Pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK itu didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 116/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Sementara Ketua Merangkap Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024 dan Pengangkatan Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

“Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga, “ ucap Nawawi. 

BACA JUGA:Nawawi Pomalongo, Ketua KPK Sementara, Algojo Pemvonis Eks Ketua DPD, Presiden PKS dan Hakim MK

“Saya bersumpah bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam tugas ini tidak sekali-kali menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga suatu janji atau pemberian,” tambah Nawawi saat mengucapkan penggalan sumpah jabatannya di hadapan presiden Jokowi.

Usai pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan, Nawawi Pomolango dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa sebagai Ketua Sementara KPK, dirinya memiliki tugas dalam memulihkan kepercayaan masyarakat kepada KPK di tengah situasi yang saat ini terjadi.

“Teman-teman sudah tahu seperti apa situasi yang sekarang yang dihadapi lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi sampai tiba pada titik yang seperti ini kami ditunjuk untuk menjadi ketua sementara,” bebernya.

“Satu hal yang menjadi beban di kita adalah tergerusnya rasa kepercayaan Masyarakat, padahal itu yang menjadi modal lembaga, dan itu yang tergerus menjadi pekerjaan berat bagi kita untuk memulihkan kembali,” tegas Nawawi.

BACA JUGA:Lampung Dapat Alokasi Insentif Fiskal Rp 1,06 Miliar, Bansos Stunting Diberikan ke 1.751 Penerima

Sementara Presiden RI Jokowi berharap KPK dapat berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan Nawawi sampai terpilih ketua KPK baru.

“Ya kita doakan semoga dibawah kepemimpinan pak Nawawi KPK dapat berjalan dengan baik” pinta Jokowi

Turut hadir dalam kesempatan pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan Ketua Sementara KPK tersebut antara lain Ketua BPK Isma Yatun, Jaksa Agung St. Burhanuddin, Wakil Ketua KY Siti Nurdjanah, Wakil Ketua MA Sunarto, dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Pelaksanaan pengucapan sumpah jabatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh para tamu undangan yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: